oleh

Olahraga Tradisional Bentuk Karakter Bangsa

Citrust.id – Momen Hari Olahraga Nasional dimanfaatkan SDN 1 Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, dengan mengadakan perlombaan olahraga tradisional, Senin (9/9)

Kepala SDN 1 Leuwikujang Hj. Imas Mastari, mengatakan, kegiatan itu sebagai wujud mempertahankan permainan tradisional. Permainan itu sudah dilupakan anak-anak sekarang karena penggaruh zaman dan teknologi.

“Anak zaman now atau era milenial pasti banyak yang tidak mengenal permainan atau olahraga tradisional khas Sunda. Makanya, hari ini kami mengenalkan kembali kepada mereka permainan tersebut,” ujarnya.

Permainan tradisional dilombaka adalah Tokle, Dadaluan, Damdaman, Kaleci, Semse, Coklak, Engrang, dsn Bonbonan. Pihak sekolah memberikan hadiah berupa alat tulis kepada para pemenang perlombaan.

Menurut Imas, permainan zaman dulu membuat anak-anak lebih kooperatif. Paling penting adalah nilai dan budi pekerti yang kemudian terbentuk secara alami serta menumbuhkan rasa kebersaman dan gotong royong.

“Budaya dahulu berbanding lurus dengan pembentukan karakter, nilai serta kreativitas anak didik. Sedangkan budaya saat ini, dengan pengaruh teknologi, membentuk karakter generasi penerus yang cenderung ke arah negatif,” pungkas Imas. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed