oleh

Menjaga Mata Tetap Sehat dan Mencegahnya dari Kebutaan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pepatah lama mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa dan mata juga dapat bertindak sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan seseorang. Faktor usia memang tidak bisa dicegah. Namun, kerusakan mata tidak hanya disebabkan oleh usia.

Vitamin A adapat ditemukan dalam sayuran kuning dan oranye terang seperti wortel dan ubi jalar. Tambahkan juga buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan mangga untuk kecukupan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang berguna membantu melawan penyakit mata.

Menatap komputer sepanjang hari dapat menyebabkan mata kering. Salah satu gejala mata kering yang paling umum adalah mata berair, kata Steven Loomis, OD, dari Roxborough Park, Colorado, presiden American Optometric Association. Itu juga bisa menjadi indikator adanya kondisi rheumatoid arthritis, lupus, atau penyakit tiroid. Pasien yang memiliki pandangan kabur bisa jadi memiliki diabetes atau tumor, atau stroke.

Untuk itu, orang dengan masalah penglihatan harus menemui dokter mata mereka sekali setahun untuk memastikan penglihatan mereka tidak berubah. Jadwal pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan:

Usia 40 tahun: pemeriksaan mata dasar
Usia 40- 55: pemeriksaan mata setiap dua hingga empat tahun sekali
Usia 55-64: pemeriksaan mata setiap satu sampai tiga tahun sekali
Usia 65 ke atas: pemeriksaan mata setiap tahun

(Net/CT)

BACA JUGA:   Kejari Majalengka Tangani Kasus Korupsi CSR dan Dana Desa

Komentar

News Feed