oleh

Mengenal Rini, Wanita Misterius dalam Lukisan Bung Karno

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kabarnya, Presiden pertama RI, Soekarno tidak hanya gemar mengoleksi lukisan, juga suka melukis. Potret wanita misterius berjudul “Rini” hasil karya Bung Karno itu menarik perhatian banyak pengunjung pada Pemeran 17/71: Goresan Juang Kemerdekaan. Dari 2.800 koleksi lukisan Istana Kepresidenan RI, “Rini” adalah satu-satunya yang dilukis sendiri oleh Soekarno.

Menurut Mikke Susanto, kurator pameran, sejak selesai dibuat, lukisan Rini dipajang di ruang kerja beliau di Istana Bogor. Tidak ada presiden lain yang berani memindahkannya.

Lukisan istimewa tersebut dibuat pada tahun 1958. Pada saat itu, Soekarno pergi ke Bali untuk beristirahat di Istana Tampaksiring. Dullah, pelukis Istana Presiden, diajaknya. Di sana Dullah hanya sempat menggambar beberapa garis. Sketsa tersebut kemudian ditinggalnya. Soekarno kembali mengunjungi Bali pada November menjelang Desember. Lantas, siapakah Rini?

“Rini” digambarkan sebagai sosok wanita berkebaya hijau dengan jarik batik berwarna coklat. Dia duduk menyamping, memperlihatkan hidung mancung dan bunga yang terselip di telinganya. Namun sampai saat ini belum ada yang tahu identitas dibalik tokoh “Rini”. Ada dugaan (Rini adalah) implementasi dari Sarinah, pengasuhnya.

Sarinah adalah sosok wanita yang sangat dihormati Soekarno. Dia mengasuh Soekarno kecil tanpa mendapatkan upah. Saking istimewanya sosok tersebut, Soekarno sampai-sampai menulis buku dengan judul Sarinah, Kewadjiban Wanita Dalam Perdjoeangan Repoeblik Indonesia.

Soekarno telah menghasilkan banyak karya selama hidupnya. Dia telah membuat belasan lukisan dan karikatur. Di antara banyak karyanya, “Rini” memang merupakan lukisan yang istimewa. “Rini” adalah satu-satunya karya Soekarno yang menghias dinding Istana Negara, bersanding dengan karya-karya maestro kelas dunia ternama. (Net/CT)

BACA JUGA:   Penjual Es yang Ditangkap Densus 88 Diduga Terlibat Jaringan JAD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed