oleh

Mendes Dorong Pembangunan Desa Berbasis Data

Citrust.id – Pemerintahan Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) penetapan hasil dan pemutakhiran data berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), Rabu (9/6).

Kepala Desa Cidenok, Maman Suparman, menuturkan, pelaksanaan pendataan SDGs Desa telah selesai dilaksanakan. Ia berharap, rencana pembangunan desa sesuai dengan hasil pendataan SDGs Desa. “Diharapkan pembangunan desa lebih terarah,” tuturnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya, ketua tim pokja pemutahiran data SDGs Desa Cidenok, Nano Supriatna, menyebutkan, dari hasil survei desa 1, survei RT sejumlah 12, survei keluarga 1.079 dan survei individu 3.385.

Uju Juhara, pendamping desa Kecamatan Sumberjaya, menjelaskan, musdesus itu bertujuan memperoleh data yang valid, objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, guna keberlangsungan pembangunan di desa.

“Data survei SDGs Desa dapat dijadikan acuan dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa,” ungkapnya.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa merupakan program yang dicanangkan Kemendes PDTT sesuai dengan Permen PDTT Nomor 21 Tahun 2020. Tujuannya mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Pemutakhiran data telah berlangsung sejak 1 Maret dan berakhir pada 31 Mei. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa itu merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan mikro.

“Upaya ini dapat memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena berisi data pada tingkat RT, keluarga, dan individu,” pungkasnya. (Abduh)

Komentar

News Feed