oleh

Lakukan Cara ini Agar Rumah Tidak Kebanjiran

CIREBON (CT) – Di musim hujan sekarang ini, ada baiknya kita sadar akan kebersihan lingkungan sekitar. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting kita tengok saja di sekitar area tempat tinggal kita. Apakah sudah bersih dan yakin bebas banjir? Sekarang banjir bisa datang kapan saja tanpa mau tahu sedang senang atau sedih perasaan kita. Untuk itu, yuk mulai bersihkan area sekitar dari sampah-sampah yang sangat berpotensi menimbulkan penyakit.

Diawali dengan membersihkan selokan dari sampah-sampah yang menyumbat aliran air di rumah kita. Apa kalian tidak mau? Takut kotor? Jijik? Padahal, itu semua limbah dari kalian juga. Untuk bersih memang butuh perjuangan. Jangan sampai giliran sudah banjir justru menghujat dan mengeluh yang tidak-tidak. Sampah-sampah itu harus diangkat sehingga aliran air lancar menuju sampai jauh entah kemana ia suka.

Selanjutnya, perbanyak menanam pohon. Meskipun di musim hujan banyak pohon tumbang, tetapi kalian harus semangat untuk terus menanam pohon. Sudah tahu kan manfaat dari adanya pohon? Kalau tidak, selamat menanggung air banjir yang penuh dengan macam-macam kotoran deh!

Langkah terakhir, mungkin cara ini belum efektif, tetapi membakar sampah paling tidak meminimalisir jumlah sampah karena menyusut. Tetapi memang asapnya menjadi polusi. Berhubung belum ada cara-cara ampuh untuk mengatasinya, lakukan saja semampu kalian ya. Karena, andai sudah ditemukan formula ampuh untuk mencegah bajir, apa gunanya jika masih banyak yang hobi membuang sampah sembarangan? Kalau masih suka buang sampah, siap-siap dan sambutlah dengan pelukan hangat: Welcome to the flood! (Net/CT)

BACA JUGA:   Generasi Muda Perlu Maksimalkan Teknologi Digital Hadapi Perkembangan Zaman

Komentar

News Feed