Citrust.id – JNE, sebagai perusahaan asli Indonesia, bersama OrderOnline.id, penyedia platform jualan online, gelar workshop atau pelatihan digital marketing bagi pelaku bisnis online dan UMKM.
Workshop bertajuk “Digital Marketing Mastery” berlangsung selama dua hari, 5-6 November 2022, di Hotel Grand Tjokro, Bandung.
Workshop Digital Marketing Mastery dihadiri Fauzi Muhammad, VP Marketing OrderOnline.id, dan Mayland Hendar Prasetyo, Deputy VP Business Development JNE. Hadir pula Dani Darmawan, CEO OCademy, dan Gerry Anggara Lasmana Marketing Executive OrderOnline.id.
Acara tersebut juga mengundang praktisi di bidang pemasaran online melalui Facebook (Facebook Ads), Zan Abdullah. Ada juga Ammar Mandili, spesialis pengembangan konten dan Owner PT Mandili Usaha Sentosa.
Fauzi Muhammad, VP Marketing OrderOnline.id, menjelaskan, workshop Digital Marketing Mastery bertujuan memfasilitasi pelaku bisnis online dan UMKM agar dapat scale-up. Di samping itu, menambah keterampilan dalam memasarkan produk dan layanan lewat platform digital, baik dari segi teknis maupun strategi pembuatan kontennya.
“Workshop ini untuk memfasilitasi pelaku bisnis online dan UMKM, agar mereka bisa scale-up serta punya keterampilan memasarkan produk dan jasa mereka secara online menggunakan tools pemasaran digital. Seperti Facebook Ads, Instagram ads, dan segi pengembangan kontennya”, jelas Fauzi.
Workshop Digital Marketing Mastery terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi hari pertama, Zan Abdullah menyampaikan materi strategi dan cara untuk berjualan online menggunakan Facebook dan Instagram Ads.
Selanjutnya pemaparan materi oleh Mayland Hendar Prasetyo, Deputy VP Business Development JNE. Acara berakhir dengan pembagian hadiah kepada tiga pemenang terpilih kegiatan OOPreneur, yaitu kompetisi video pitching ide bisnis untuk anak muda yang pelaksanaannya pada Oktober lalu.
Mayland Hendar Prasetyo, Deputy VP Business Development JNE, turut menyampaikan berbagai program serta inovasi JNE sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pengembangan UMKM. Selain itu, Mayland mengapresiasi langkah OrderOnline yang telah menyelenggarakan workshop digital marketing.
“Sejalan dengan tagline JNE, yaitu Connecting Happiness, JNE sangat mengapresiasi langkah OrderOnline untuk terus berkomitmen dalam pengembangan UMKM dan entrepreneur. Dengan demikian, dapat bersama-sama berkembang serta bersaing pada era digital”, pungkas Mayland Hendar Prasetyo.
Pada workshop sesi hari kedua, acara berlanjut dengan pemaparan dari Ammar Mandili sebagai pemateri utama. Ia membahas strategi pembuatan konten.
Setelah itu, Gerry Anggara memaparkan tentang fitur OrderOnline.id, dan Dani Darmawan menyampaikan materi tentang platform belajar online bagi pebisnis, yaitu OCademy.
Sebanyak 33 dari pelaku bisnis online dan UMKM mengikuti workshop yang JNE bersama OrderOnline.id gelar itu.
Public Relation Specialist & Partnership OrderOnline.id, Robi Wahyu, menyampaikan, peserta workshop berasal dari berbagai daerah.
“Peserta workshop kali ini cukup antusias untuk diskusi dan tanya jawab. Selain itu, terdapat peserta yang berasal dari luar kota Bandung. Ada yang dari Jakarta, Palembang, Cirebon, hingga Surabaya,” ungkap Robi. (Haris)