oleh

Ini Penyebab Keracunan Massal Menurut Nelayan Suranenggala

Cirebontrust.com – Nelayan Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon meyakini, keracunan massal yang terjadi beberapa waktu lalu akibat kerang hijau yang tercemar limbah muatan kapal.

Dugaan tersebut berdasar rumor yang beredar bahwa ada kapal yang menumpahkan cairan di perairan Suranenggala beberapa waktu yang lalu, sebelum peristiwa keracunan massal akibat kerang hijau terjadi. Dugaan Limbah dari kapal dikuatkan oleh peternak kerang hijau yang mengalami keracunan setelah menyelam di perairan tersebut.

Peternak kerang hijau berinisial C, lanjut Wawan, saat itu sedang menyelam di sekitar peternakan kerang hijau miliknya. Namun tiba-tiba C keluar dari laut dalam kondisi pusing dan mual-mual, dan saat ini kondisi C sudah sembuh, meskipun menyisakan trauma untuk menyelam.

“C langsung dibawa ke seorang dokter sebanyak dua kali. Saat itu, C sedang memperbaiki bambu-bambu tempat kerang hijau yang agak rusak diterjang ombak,” ujar wawan (45), warga Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, yang merupakan paman dari C.

Wawan juga menuturkan, dirinya serta warga di Suranenggala lainnya meyakini jika laut di sekitarnya memang sedang tercemar limbah.

“Dugaan saya menguat sejak keponakan saya juga malah keracunan setalah menyelam. Berarti kan racun yang ada di limbah itu kuat sekali,” ungkapnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Warga Gelar Guar Bumi di Patilasan Nyi Rambut Kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed