oleh

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah tinggal beberapa hari lagi dan jutaan orang Indonesia menyiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Sebelum melakukan perjalanan mudik Anda harus memperhatikan asupan makanan untuk menjaga kesehatan dan stamina. Bagi yang mempunyai riwayat tertentu sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum Anda melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman.

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang teratur. Maka dari itu usahakan Anda makan camilan setiap 2 jam sekali untuk menjaga tingkat konsentrasi tubuh.

Sebelum memulai perjalanan mudik sangat disarankan untuk beristirahat dan tidur cukup untuk menjaga kebugaran selama dalam pejalanan. Aktivitas ini seringkali diabaikan oleh pemudik. Jangan berkendara lebih dari 4 jam dalam satu hari atau lebih dari 150 km.

Jangan memaksa berkendara melebihi kemampuan daya tahan Anda. Istirahatlah sejenak untuk menghilangkan lelah dan jenuh, dan usahakan keluar dari kendaraan untuk mendapatkan suasana baru.

Faktor yang satu ini juga tidak kalah penting. Lakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan mudik. Cek tekanan angin ban kendaraan dan sesuaikan dengan standard yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Perhatikan juga ketebalan ban, jika terlihat sudah tipis maka lakukan penggantian. Lakukan pengecekan radiator, tambahkan air coolant jika volumenya terlihat kurang.

Oli mesin dan minyak rem juga wajib diperhatikan. Pastikan kondisi keduanya masih prima. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan sendiri, maka serahkan pada ahlinya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polsek Majalengka Kota Sita Puluhan Botol Miras

Komentar

News Feed