oleh

Hadapi Libur Lebaran, Bagaimana Persiapan DLH Tangani Sampah?

Citrust.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon bersiap menghadapi musim libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Peningkatan volume sampah dipastikan akan terjadi. Setidaknya H-7 sampai H+7 Lebaran.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Kota Cirebon, Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi untuk penanganan sampah dengan volume yang meningkat tajam ketika libur Idul Fitri.

“Kita sudah siapkan antisipasi pra dan pascalebaran, dimana jumlah sampah akan bertambah signifikan. Diantaranya memberlakukan pola lembur (dalam pengangkutan sampah dari TPS ke TPA),” kata Supriyanto.

Karena pola lembur diterapkan, dikatakan Supriyanto, maka pegawai yang terlibat dalam pengangkutan sampah dari TPS ke TPA disiagakan. Meskipun pegawai administrasi sudah mulai libur pada 30 Mei pekan depan. “Tapi kami tetap standby,” kata dia.

Persiapan lainnya dilakukan berkaitan dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk armada pengangkut sampah. Kebutuhan BBM dipastikan bertambah, seiring mobilitas angkutan sampah yang meningkat. “Kemudian kita juga lakukan perbaikan armada pengangkut sampah,” katanya. /haris

BACA JUGA:   Desan Krandon Kawasan Terbaik Kesatuan Gerak PKK

Komentar

News Feed