oleh

Faktor Peningkat Risiko Osteoporosis pada Pria

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak orang mengira bahwa osteoporosis hanya mempengaruhi wanita usia tua. Ini salah. Pria di atas 50 juga berisiko tinggi mengalami patah tulang karena osteoporosis.

Menurut Matthew Drake, MD, PhD, seorang endokrinologi, asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic di Rochester, Minn. Risiko utama osteoporosis pada pria adalah usia yang semakin tua, pria mulai kehilangan kepadatan tulangnya sekitar 0,5 sampai satu persen pertahun.

Tulang terus-menerus melemah dan dibangun lagi di dalam tubuh, dan proses ini berjalan seimbang, sebelum usia 50 tahu, Setelah itu, jumlah tulang yang terbangun akan berkurang dan menyebabkan penipisan sehingga tulang melemah.

Dengan bertambahnya usia pria, kadar testosteron akan menurun. Ini juga berkontribusi terhadap hilangnya kepadatan tulang. Kalsium dan vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral yang penting untuk membangun tulang yang kuat, dan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan.

Selain itu, penggunaan tembakau, secara langsung membuat kepadatan tulang menurun. Beberapa jenis obat dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, misalnya obat depresi, diabetes, rheumatoid arthritis, dan obat-obatan seperti steroid dan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan kanker. (Net/CT)

BACA JUGA:   Jelang Tutup 2019, Serapan Belanja Langsung dalam APBD Masih Lesu

Komentar

News Feed