oleh

Ekonomi Pantura Menggeliat BI Resmikan Kantor BJB Cabang Patrol

Indramayutrust.com – Paska beroperasinya Tol Cipali, Pantura Indramayu sempat mengalami keterpurukan bagi sejumlah pengelola rumah makan yang tutup atau gulung tikarnya, karena sepinya pelanggan dari pengendara melintas di pantura.

Namun dalam satu tahun terakhir ini, para pengusaha mulai mencoba kembali bangkit dan perekonomian di Pantura Indramayu kembali menggeliat.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon, M Abdul Majid Ikram pada peresmian Bank BJB Kantor Cabang Patrol, Kabupaten Indramayu, Selasa (11/04).

Menurut Majid Ikram, secara makro awalnya perekanomian Pantura Indramayu mengalami keterpurukan. Namun masyarakat dan pemerintah daerah Indramayu, tidak tinggal diam melihat hal itu dan langsung melakukan gebrakan untuk kembali mendongkrak perekonomian tersebut.

“Dulu banyak rumah makan yang tutup. Kini masyarakat tidak tinggal diam dan mereka lebih kreatif dalam menyulap rumah makan yang tutup tersebut dengan jenis usaha lainnya. Apalagi pemda Indramayu berencana menjadikan pantura ini sebagai zona industry,” tegasnya.

Menggeliatnya kembali perekonomian di Pantura Indramayu teersebut salah satunya ditandai dengan meningkatnya status Bank BJB Patrol dari Kantor Cabang Pembantu menjadi Kantor Cabang.

“Ini sangat luar biasa sekali, ekonomi Patrol dan pantura Indramayu secara umum mulai kembali meningkat. Perbankan meningkat dan ini bisa berjalan lurus dengan meningkatnya perekonomian,” kata Ikram.

Sementara itu Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, Nana Pasae menjelaskan dalam proses pembangunan suatu daerah, sektor perbankan memiliki peranan dan kontribusi penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Sektor perbankan menjadi tumpuan dalam upaya pemberdayaan perekonomian masyarakat berbasis kerakyatan. Khususnya, mereka yang berkategori usaha mikro kecil menengah (UMKM),” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, pembukaan Bank BJB Kantor Cabang Patrol, kata dia sangatlah tepat mengingat potensi ekonomi serta lokasi Patrol yang strategis.

“Saya berharap Bank BJB Kantor Cabang Patrol, menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah Indramayu dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah Indramayu Bagian barat,” tegasnya.

Untuk kembali membangkitkan perekonomian di Pantura Indramayu, pihaknya segera membuat zona kawasan industry di jalur pantura. Meskipun demikan, zona industry ini tidak akan menggusur lahan produktif yang selama ini diandalkan sebagai zona pertanian di Kabupaten Indramayu. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed