oleh

Drone Karya Mahasiswa Indonesia Berhasil Pukau Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia dalam bidang teknologi. Kali ini, mahasiswa yang tergabung dalam “Autonomous Marine Vehicle Team Universitas Indonesia” (AMV UI) berhasil meraih juara ke-5 dunia pada kompetisi kapal “9th International Roboboat Competition” yang berlangsung 4-10 Juli 2016 di Virginia Beach, Amerika Serikat.

AMV UI memperlombakan karya inovatif mereka berupa teknologi kapal tanpa awak bernama Makara-05 (drone permukaan laut) dan Makara-06 (drone bawah laut).

Turnamen ini telah diselenggarakan ke-9 kalinya dan pada tahun ini diikuti sejumlah negara seperti AS, Korea Selatan, dan India. Tantangan yang harus diselesaikan dalam kompetisi ini adalah desain kapal yang mampu dioperasikan kawasan pesisir, baik untuk misi pengamanan, penyelamatan, operasi darurat dan operasi oseanografi, kegiatan riset, dan lainnya.

Terdapat sejumlah komponen penilaian yaitu penulisan jurnal, kualitas materi jurnal, fisik kapal, tayangan video, website, social media, techical academic oral presentation, inspeksi robot, dan team interview.

AMV UI mampu menjawab seluruh pertanyaan dari juri sehingga berhasil mengalahkan tim papan atas dari tahun sebelumnya seperti University of Michigan dan United States Naval Academy (USNA).

Sedangkan pada tahapan “performance robot”, para kontestan diminta untuk menunjukkan kemampuan kapal dalam menyelesaikan lima misi kompetisi, yaitu navigasi, penghindaran rintangan (obstacle avoidance), berlabuh otomatis (automated docking), mendeteksi frekuensi bawah air (Pinger Location), dan meluncurkan kapal selam untuk merekam gambar bawah air (interoperability challenge). (Net/CT)

BACA JUGA:   Perwira Polres Majalengka Tingkatkan Kemampuan Menembak

Komentar

News Feed