oleh

Cuaca Ekstrem, Waspada Sambaran Petir

Citrust.id – Intensitas hujan yang tinggi disertai sambaran petir berpotensi terjadi kebakaran. Salah satunya rumah Didin (35 tahun), warga Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, yang terbakar akibat sambaran peti, Sabtu (27/2).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Dikutip dari laman resmi BMKG, berpotensi terjadi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Wilayah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang di antaranya Selat Sunda, perairan Banten, perairan Jawa Barat dan perairan DKI Jakarta.

Kepala UPT Damkar Kabupaten Kuningan, M. Khadafi Mufti, mengimbau warga agar tetap waspada terhadap bahaya kebakaran yang diakibatkan sambaran petir.

“Sebaiknya bangunan rumah dipasang antipetir untuk menghindari kebakaran yang diakibatkan dari konsleting listrik, pembakaran tungku, kompor gas, konsleting listri kendaraan atau rumah, gas, pembakaran sampah dan lain-lain,” ujarnya. (Andin)

Komentar

News Feed