oleh

Cerita Syahidah Manfaatkan JKN-KIS

Citrust.id – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak 2014 telah dirasakan manfaatnya oleh banyak masyarakat. Salah satunya ialah Syahidah Belanasia, warga Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Syahidah merupakan Peserta JKN-KIS segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS dikarenakan suaminya bekerja sebagai Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri di salah satu instansi di Indramayu.

Ketika ditemui, Syahidah berbagi pengalamannya memiliki kartu JKN-KIS. Ia merasa bersyukur dan tenang apabila ada anggota keluarganya yang mengalami sakit. Ia dan keluarga dapat menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar.

“Kalau tidak enak badan, biasa berobat di klinik. Sudah bagus pelayann dan obatnya. Di klinik tidak terlalu ramai juga. Sudah nyaman berobat ke klinik sekarang ini,” ucap Syahidah, Kamis (27/5).

Syahidah mengungkapkan, suaminya menggunakan kartu JKN-KIS untuk memperoleh layanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan. Selama lebih dari tiga hari, suaminya memperoleh layanan di rumah sakit karena sakit.

Selama beberapa tahun ini, suaminya mengalami infeksi di bagian mulut yang disebabkan kematian jaringan pulpa gigi. Sehingga mengharuskan suaminya tersebut dilakukan operasi bedah mulut.

“Maret kemarin, suami ibu operasi mulut. Alhamdulillah, lancar tidak ada masalah. Semua biaya operasi dan obatnya juga ditanggung BPJS Kesehatan karena sesuai prosedur,” ujar Syahidah.

Selain biaya operasi yang ditanggung, biaya rawat jalan suaminya juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ia sangat berterima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan. Hadirnya Program JKN-KIS telah banyak membantu masyarakat, termasuk ia dan keluarganya. Hal itu dirasakan betul oleh Syahidah.

“Biasa cuma dengar atau lihat orang lain berobat pakai JKN-KIS di rumah sakit. Sekarang merasakan sendiri berobat ke rumah sakit. Bersyukur pelayanannya sangat baik. Mudah-mudahan pelayanannya terus baik supaya masyarakat selalu puas dengan pelayanannya,” pungkas Syahidah. (Haris)

Komentar

News Feed