oleh

Cara Sehat Antisipasi Penyakit Setelah Lebaran

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kue-kue manis dengan kalori tinggi mendominasi penganan lebaran. Kue cake biasanya dibuat dengan  kuning telur yang banyak dan mengandung kolesterol tinggi.

Hidangan makanan juga banyak yang mengandung santan, sekali lagi makanan yang bersantan juga mengandung lemak. Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah pasti  tidak baik untuk kesehatan.

Bukan hanya makanan, minuman pun biasanya mengandung kalori tinggi karena manis. Tentunya makanan-minuman ini jika dikonsumsi oleh seseorang  yang sudah mempunyai penyakit kronik akan menyebabkan penyakitnya mengalami kekambuhan. Misalnya saja pasien diabetes, hipertensi, atau hiperkolesterol.

Antisipasi dengan berbagai penyakit pascalebaran merupakan hal yang penting. Batasi makanan yang terlalu asin atau terlalu manis. Minumlah air putih yang cukup, apalagi dengan kondisi kemarau basah saat ini.

Usahakan hanya mengkonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa camilan dikonsumsi lebih banyak, maka kurangi nasi saat makan besar. Hindari camilan yang mengandung coklat, keju, dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 servings saat makan pagi, siang, dan malam dan disela-sela makan tersebut.

Tetap melakukan aktivitas olah raga atau bergerak, jika silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan usahakan lakukan dengan berjalan. Usahakan tidur minimal 6 jam. (Net/CT)

BACA JUGA:   Perwira Polres Majalengka Tingkatkan Kemampuan Menembak

Komentar

News Feed