oleh

Cara Aman Bertransaksi Menggunakan Mesin ATM

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ketika bertransaksi di mesin ATM, waspadai modus kejahatan membaca record terakhir yang tergolong berbahaya. Pasalnya,  Anda tidak akan menemukan keanehan atau sesuatu yang tidak wajar di dalam anjungan atau ruangan ATM, modus kejahatan ATM yang satu ini telah banyak terjadi di luar negeri, cara kerjanya membaca record terakhir dari transaksi mesin ATM dengan menggunakan kartu ATM kosong (akan tetapi kartu ATM tersebut telah di program untuk berkerja membaca transksi terakhir dari mesin ATM), dan seandainya si korban atau nasabah melaporkan kejadian seperti ini pada bank yang bersangkutan, si korban justru akan di tuduh melakukan penipuan, karena transaksi yang dilakukan valid.

Kenapa dianggap Valid? Karena biasanya si pelaku kejahatan ikut mengantri transaksi ATM di belakang Anda, dengan demikian selisih waktu penarikan uang pun hanya beda beberapa menit, sehingga Anda akan dianggap menarik uang secara berturut-turut oleh pihak bank.

Lantas, bagaimana menghindari kejahatan seperti ini? Caranya, setelah Anda melakukan transaksi pengambilan uang atau transaksi apapun yang dilakukan di mesin ATM, dan setelah kartu keluar dari mesin ATM, Anda tinggal memasukan kartu kembali dan memasukan PIN yang salah atau melakukan cancel, jadi record terakhir yang dibaca atau terekam oleh pelaku adalah PIN yang salah. (Net/CT)

Komentar