oleh

Buat Transfer Uang WhatsApp Payments Diluncurkan

Citrust.id – WhatsApp mulai melakukan uji coba fitur pembayaran baru di India yang memungkinkan penggunanya mengirim uang ke pengguna WhatsApp lainnya. Namun layanan ini tidak termasuk untuk membayar ke akun merchant. Menurut salah satu sumber Tech Crunch, saat ini, fitur tersebut baru ada dalam versi beta. Hanya saja, layanan ini belum diumumkan karena masih belum tersedia pada saat ini.

Mengutip situs Livemint, Senin, 12 Februari 2018, fitur ini memungkinkan orang mengirim uang ke pengguna WhatsApp lainnya, namun tidak termasuk akun pedagang. Hebatnya lagi, perbankan besar telah bekerja sama dengan WhatsApp untuk mendukung fitur pembayaran yang memanfaatkan UPI (Unified Payment Interface) itu. Mereka antara lain State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Pengujian beta yang dilakukan perusahaan di India telah menunjukkan bahwa fungsi WhatsApp Payment berjalan baik disertai tampilan antarmuka pengguna WhatsApp. Melihat screenshot dari iPhoneHacks yang dikutip LiveMint, WhatsApp Payment akan muncul dalam menu pengaturan di aplikasi pesan singkat tersebut. Pengguna kemudian harus mengonfigurasi fitur tersebut dengan melakukan verifikasi nomor telefon melalui SMS dan memilih bank. Opsi untuk mentransfer uang atau malakukan pembayaran akan muncul dalam antarmuka WhatsApp, yakni di menu pilihan yang biasanya terdapat ikon sharing foto, video, file, kontak atau lokasi ke dalam obrolan.

Diberitakan The Economic Times bahwa fitur terbaru yang akan diluncurkan WhatsApp telah mendapatkan izin otoritas terkait di India untuk integrasi UPI dalam layanan pesan pada Juli lalu. Ini demi menerapkan WhatsApp Payment di negara tersebut.

Penambahan fitur terbaru WhatsApp ini sudah ditunggu-tunggu tersedia di India. Di negara tersebut, popularitas WhatsApp sangat tinggi dengan pengguna mencapai lebih dari 200 juta. Dengan demikian, WhatsApp berpotensi menjadi penyedia layanan P2P terkuat di India, mengingat jutaan orang telah terkoneksi berkat tarif layanan internet yang murah dan harga smartphone yang makin terjangkau. /SW

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed