oleh

Benarkah Merokok dapat Turunkan Kualitas Sperma Pria?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebuah penelitian terbaru kembali membuktikan, merokok dapat memperburuk kualitas sperma. Berdasakan penelitian yang dilaporkan di European Urology, pria perokok memiliki jumlah sperma lebih sedikit, terutama saat ejakulasi. Selain itu, bentuk sperma dan pergerakannya juga lebih buruk dibanding pria yang tidak merokok
 
Meski demikian, belum ada penelitian lebih lanjut yang melihat apakah kualitas sperma meningkat secara signifikan setelah berhenti merokok.

Sementara itu, menurut Anjay K Nagnia dari departemen urologi di University of Kansas d Hospital dan Medical Center di Kansas City, pengaruh merokok dengan sperma merupakan masalah serius. Selama ini orang awam kebanyakan hanya mengaitkan rokok sebagai penyebab kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung.

Kandungan bahan kimia pada rokok, seperti tar dan nikotin dapat masuk ke dalam aliran darah, berjalan ke air mani dan memengaruhi kualitas sperma. Merokok juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria muda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kunker KKP dan Komisi IV DPR RI ke Kejawanan Bahas Potensi Laut dan Nasib Nelayan

Komentar

News Feed