oleh

Begini Cara Membedakan Jamu Asli dan Palsu

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Salah satu manfaat jamu adalah menambah vitalitas dan energi serta menyembuhkan beberapa penyakit. Namun perlu diwaspadai adalah beredarnya jamu yang palsu di tempat penjual jamu. Anda harus teliti untuk membedakan antara jamu asli dan jamu palsu. Begini cara membedakan jamu asli dengan jamu palsu.

1. Efeknya yang lama
Jamu menggunakan bahan alami ( herbal ) sehingga efeknyaa bagi tubuh akan lama. Nah, jika anda meminum sebuah jamu untuk obat sakit kepala lalu dalam waktu yang cukup singkat sakit kepala anda langsung hilang maka bisa jadi di dalam jamu tersebut mengandung bahan kimia berbahaya atau obat untuk menghilangkan skit kepala.
2. Memiliki nama tradisional
Jika anda penggemar jamu lalu tiba – tiba menemukan nama jenis jamu yang memiliki merk lain atau modern maka bisa dipastikan bahwa jamu tersebut bukanlah jamu yang asli lagi.
3. Aroma rempah asli
Cobalah seduh jamu tersebut dengan air panas, bila aroma rempah – rempahnya sangat terasa maka jamu tersebut asli. namun bila aromanya lebih didominasi oleh bau obat- obatan maka jamu tersebut bisa dipastikan palsu.
4. Waspada jamu impor
Bila anda membeli jamu impor cobalah memeriksa komposisinya. Bila jamu tersebut masih ditulis menggunakan bahasa aslinya maka itu telah mengandung bahan kimia. Jamu impor yang berbahan asli alam, komposisinya akan ditulis dengan bahasa indonesia.
5. Belilah yang terpercaya
Belilah jenis jamu yang berasal dari merk terpercaya sejak dahulu kala. jangan gunakan jamu dengan merk yang aneh dan baru muncul karena bisa jadi itu hanya tiruannya. (Ner/CT)

BACA JUGA:   Pastikan Keamanan Penumpang, Daop 3 Cek Jalur KA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed