oleh

Bangkit dari Pandemi, Jurnalis Harus Siap Jadi Akselerator Perubahan

Citrust.id – PWI Kuningan gelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional 2021 selama dua hari, 9-10 Februari. Selain mengikuti peringatan secara daring bersama pimpinan daerah dan baksos, juga ziarah ke makam Ketua PWI pertama di Kuningan, yakni almarhum Budi Soekarno.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, pers memiliki peran penting dalam melaksanakan pembangunan dan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila. Acep berharap pers terus berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan media. Hal itu sebagai sarana edukasi dan informasi kepada masyarakat.

Media juga memiliki fungsi sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat dan pemerintah. Ia mengajak insan pers berkolaborasi, berdiskusi dan menyamakan langkah untuk bisa mengisi pembangunan di Kabupaten Kuningan.

“Sejarah akan mencatat semua kiprah kita untuk bangsa, seperti para pejuang dahulu. Tak lepas dari peran para jurnalis tangguh yang sama-sama berjuang menegakkan NKRI,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kuningan, Nunung Khazanah, mengatakan, berdasarkan tema HPN 2021, yaitu Bangkit dari Pandemi, Pemulihan Ekonomi dan Pers sebagai Akselerator Perubahan, diharapkan jurnalis bisa merefleksikannya untuk sebuah perubahan.

Pada masa pandemi Covid-19, banyak sektor yang terpuruk. Jurnalis harus bisa bangkit dan ikut membantu masyarakat serta pemerintah dalam pemulihannya. Nunung juga mengajak semua jurnalis, terutama yang bertugas di Kuningan, supaya tetap menjadi jurnalis yang profesional, bermartabat dan berwibawa.

“Semua sektor terdampak, termasuk jurnalis. Namun, ketika jurnalisnya ikut terpuruk dan tidak mau bangkit, maka siapa yang akan ikut membantu memulihkan? Jurnalislah yang harus siap menjadi salah satu akselerator perubahan,” paparnya. (Andin)

 

Komentar

News Feed