oleh

Bakteri di Usus Pengaruhi Berat Badan

Cirebontrust.com – Usus manusia menjadi rumah bagi jutaan mikroorganisme, secara kolektif disebut sebagai “flora usus” atau “usus mikrobiota”, yang hidup berdampingan dengan kita dan membantu mencerna makanan bahkan berperan dalam menurunkan peradangan, mencegah penyakit jantung, serta menjaga kesehatan pencernaan.

Dengan ini juga penelitian menemukan bahwa komposisi flora usus, termasuk jenis bakteri usus dan konsentrasi pada usus masing-masing orang, dapat memengaruhi seseorang terhadap penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Hubungan bakteri dengan berat badan ditemukan dalam penelitian di Belanda, dimana peneliti mengidentifikasi 34 jenis bakteri yang berkontribusi terhadap perbedaan BMI (indeks massa tubuh).

Kesimpulannya adalah 4,6% dari perbedaan dalam lemak tubuh (BMI) bisa ditelusuri ke dalam pengaruh bakteri usus.

Patricia I. Ojeda, Howard Hughes Medical Institute Medical Fellow di University of Chicago, telah mengkaji topik ini secara mendalam dan juga menyebut, bahwa kita harus menyadari apapun makanan yang masuk ke dalam perut, akan mengubah bakteri dalam usus dan itu adalah cara tubuh memproses makanan. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polisi Jaga Kebaktian Rutin di Gereja

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed