oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh ketika Berhenti Merokok?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Anda pasti tahu seberapa buruk kebiasaan merokok bagi kesehatan Anda. Efek samping berhenti merokok secara total terjadi pada beberapa minggu pertama setelah hisapan terakhir. Waktu ini adalah yang tersulit bagi perokok yang ingin meninggalkan si lintingan tembakau.

Banyak perokok yang susah diajak berhenti merokok padahal mereka telah menyadari bahwa rokok memiliki lebih banyak efek negatif bagi kesehatan dibandingkan efek positif. Dengan seribu alasan mereka menolak untuk meninggalkan rokok.

Terkadang ada orang yang sudah mencoba berhenti merokok namun akhirnya kembali lagi melakukan kebiasaan buruk ini. Mereka sering beralasan tidak tahan menahan efek samping berhenti merokok yang sering terjadi.

Seperti yang tertera dalam bungkus, rokok mengandung zat bernama Nikotin yang menyebabkan ketagihan. Saat berusaha meninggalkan zat ini, Anda akan merasakan gejala efek samping seperti merasa pusing, mual, gelisah, dan muncul rasa ingin merokok lagi.

Pada saat saat awal berhenti merokok, mungkin hanya akan muncul efek negatif saja, namun dalam jangka panjang akan terjadi lebih banyak efek positif. Ada yang menyebutkan bahwa seorang non perokok akan bisa hidup 14 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang heavy smoker.

Banyak perokok yang menolak untuk berhenti merokok total dengan alasan percuma, karena organ mereka sudah terlanjur rusak. Jika Anda termasuk dalam orang yang ingin berhenti merokok, ini menit-menit yang terjadi saat stop merokok.

20 Menit
Saat Anda menghisap rokok, asap dan nikotin masuk ke aliran darah. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Setelah 20 menit Anda berhenti merokok denyut jantung dan tekanan darah kembali normal.

8 Jam
Saat merokok, tubuh menghisap gas beracun monoksida yang merupakan satu dari 4.000 bahan kimia lain yang masuk ke tubuh saat merokok. Di Inggris sendiri, lebih dari 40 orang meninggal karena menghisap karbon monoksida.
Tapi, setelah Anda tidak merokok selama delapan jam, nikotin dan karbon monoksida mulai meninggalkan tubuh. Tingkat oksigen dalam tubuh berangsur-angsur kembali normal.

BACA JUGA:   Sejumlah Wilayah di Majalengka Kekurangan Air Bersih

24 Jam
Sehari setelah tak merokok, paru-paru mulai membersihkan diri dari lendir maupun partikel yang disebabkan karena merokok. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed