oleh

Agar Batik Tidak Luntur, Begini Cara Mencucinya

CIREBON (CT) – Batik adalah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada selembar kain polos. Karena itu, batik memerlukan cara-cara tertentu dalam perawatannya. Apakah selama ini cara mencuci batik yang Anda lakukan sudah tepat? Bisa jadi belum, sehingga lama-kelamaan kain batik Anda menjadi kusam dan luntur. Nah, ternyata begini cara yang dianjurkan dalam mencuci batik dari Batik Trusmi Store Jalan Syekh Datul Kahfi Plered Kabupaten Cirebon.
Cara Mencuci Batik
Mencuci batik tidak seperti mencuci pakaian biasa. Ini karena karakteristik dan proses pembuatan batik serta bahan yang digunakan tidaklah seperti pakaian biasa. Untuk itulah, Anda harus sedikit lebih hati-hati dalam mencuci batik karena bisa melunturkan sehingga menjadi buram dan rusak.

Teknik Mencuci Batik: Menggunakan Sabun Lerak

Persiapan:

  1. Siapkan sabun lerak. Lerak bisa Anda dapatkan di toko bahan laundry atau toko batik.
  2. Siapkan ember untuk perendaman.
  3. Gantungan baju untuk menjemur.

Cara mengerjakannya: Menggunakan  teknik handwash atau cuci dengan tangan jangan gunakan mesin cuci.

  1. Masukan sabun Lerak secukupnya kedalam ember yang telah diisi air 2-3 liter air (untuk kapasitas mencuci perpotong).
  2. Rendam batik dalam larutan sabun Lerak sekitar 15-30 menit.
  3. Saat mencuci, batik jangan dikucek atau diperas, cukup dengan diangkat-celup saja. Untuk bagian yang terlihat kotor seperti kerah, gunakan jari Anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.
  4. Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit kemudian diangkat-celup juga, jangan pakai softener, cukup dengan air bersih.
  5. Setelah selesai membilas, angkat batik dan serap airnya dengan handuk sambil diremas-remas lembut. Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya.
  6. Pasang batik pada gantungan baju lalu jemur di tempat teduh, jangan terkena sinar matahari langsung.
  7. Setelah batik kering, jangan menyetrikanya dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.
    Finishing: Taburkan bunga melati di sekelilingnya atau semprot dengan parfum beraroma melati agar terkesan natural dan eksotis.

    Begitulah cara mencuci batik yang baik. Konon, teknik ini adalah cara tradisional yang telah dilakukan oleh nenek moyang  sejak dulu batik diciptakan dan terbukti paling bagus untuk merawat batik. (Net/CT)

BACA JUGA:   Mahasiswa Unjuk Rasa Minta Cabut UU Omnibus Law

Komentar

News Feed