Citrust.id – Gaya hidup modern yang kian dinamis serta faktor lingkungan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Riset terbaru dari Universitas Oxford di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine menunjukkan bahwa faktor lingkungan dan pola hidup lebih memengaruhi risiko penyakit dibandingkan faktor genetik.
Temuan dari riset terhadap hampir setengah juta partisipan tersebut mengindikasikan bahwa 17 persen variasi risiko penyakit lebih terkait dengan faktor lingkungan, sedangkan faktor genetik hanya sekitar 2 persen.
Selain itu, data industri asuransi juga menunjukkan tingginya risiko kesehatan dan inflasi medis.
Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada semester I 2025, industri asuransi jiwa membayarkan klaim senilai lebih dari Rp72,47 triliun. Angka ini mencakup peningkatan klaim kesehatan sebesar 3,2 persen dari tahun ke tahun (year-on-year).
Sejalan dengan tren tersebut, Generali Indonesia juga mencatat pembayaran klaim yang tinggi. Pada Januari hingga Juni 2025, Generali Indonesia telah membayarkan klaim sebesar lebih dari Rp605,9 miliar untuk 132.000 kasus klaim. Sebanyak 82 persen dari jumlah tersebut merupakan klaim kesehatan yang meningkat 4,87 persen dari tahun ke tahun.
Menanggapi kondisi ini, sekaligus sebagai bentuk komitmen dalam menyediakan perlindungan yang relevan bagi masyarakat, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) meluncurkan produk asuransi kesehatan tambahan, yakni GEN HealthCare Protection.
Produk tersebut menawarkan perlindungan biaya kesehatan sesuai tagihan dengan limit hingga Rp60 miliar. Manfaat yang diberikan meliputi rawat inap, rawat jalan, serta manfaat tambahan lainnya.
President Director dan Chief Executive Officer Generali Indonesia, Rebecca Tan, mengatakan bahwa produk itu sangat cocok untuk masyarakat dalam usia produktif dan keluarga muda.
“Kami memahami kesehatan bukan hanya soal fisik, tetapi juga ketenangan hati dan masa depan yang lebih aman. Di tengah berbagai tantangan saat ini, nasabah membutuhkan perlindungan yang relevan dan bisa diandalkan agar mereka bisa terus aktif tanpa khawatir,” ujar Rebecca, Kamis (11/9/2025).
Rebecca menambahkan, GEN HealthCare Protection hadir untuk memproteksi dan sangat cocok untuk semua segmen masyarakat, khususnya yang masih dalam usia produktif dan para keluarga muda. Selain itu, produk itu juga bisa menjadi bukti cinta keluarga sekaligus meningkatkan kualitas hidup di masa depan keluarga.
Salah satu fitur unik dari GEN HealthCare Protection adalah No Claim Discount dan No Claim Bonus. Fitur itu memberikan diskon premi hingga 15 persen dan tambahan perlindungan kesehatan hingga 50 persen jika tidak ada klaim yang diajukan. Fitur tersebut memungkinkan nasabah untuk #HematDariSehat sekaligus memberikan ketenangan pikiran.
Direktur dan Chief Agency Officer Generali Indonesia, Jutany Japit, menjelaskan bahwa fitur tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada nasabah.
“Proteksi GEN HealthCare Protection bukan sekadar perlindungan, melainkan bentuk investasi masa depan keluarga. Dengan fitur No Claim Discount dan No Claim Bonus, kami memberikan reward kepada nasabah sekaligus mendorong mereka agar bisa menjaga hidup lebih sehat,” kata Jutany.
Jutany menambahkan, pihaknya berharap GEN HealthCare Protection dapat menjadi solusi nyata bagi banyak keluarga di Indonesia. Generali Indonesia mendorong masyarakat agar memiliki proteksi kesehatan sedini mungkin agar premi lebih terjangkau, mengingat risiko kesehatan dapat terjadi pada usia yang semakin muda, di mana saja dan kapan saja.
Produk itu dipasarkan melalui saluran distribusi keagenan dan dapat dimiliki bersamaan dengan produk asuransi jiwa GEN Proteksi Utama (GEN Pro). Prosesnya didukung oleh aplikasi iPropose yang memudahkan konsultasi daring, analisis kebutuhan proteksi, hingga pembayaran premi pertama secara daring.
Sebagai bentuk komitmen menjadi Lifetime Partner bagi nasabah, Generali Indonesia juga menyediakan layanan terdepan melalui aplikasi Gen iClick.
Aplikasi itu mempermudah transaksi polis, pengajuan klaim daring, fitur telemedicine dan online pharmacy ‘Dokter Leo’, serta berbagai fitur lainnya. Layanan bantuan virtual asisten JANE juga tersedia 24/7 melalui situs resmi generali.co.id dan WhatsApp. (Haris)