Citrust.id – Menjelang hari raya Idulfitri 1446 H, Smartfren memastikan seluruh pelanggan bisa memperoleh kualitas jaringan optimal dan layanan terbaik di sepanjang perjalanan mereka.
Hal itu berkat optimasi jaringan yang telah 100 persen selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional perusahaan. Selain itu, Smartfren juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), untuk menyediakan posko layanan pelanggan di sejumlah titik-titik keramaian mudik.
Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menjelaskan, pihaknya melakukan optimasi jaringan untuk memastikan pelanggan Smartfren selalu mendapatkan layanan kualitas terbaik dalam perjalanan mudik, maupun saat hari-hari biasa.
Harapannya, dengan meningkatnya kualitas jaringan, pelanggan bisa menikmati layanan internet 100 persen 4G dari Smartfren untuk mendukung berbagai kegiatan, baik berupa hiburan di perjalanan maupun berkomunikasi dengan keluarga serta sahabat
“Optimasi yang dilakukan fokus untuk mengatasi potensi lonjakan trafim akses internet yang terjadi pada musim mudik, hari raya Idulfitri, serta momen arus balik,” ujarnya.
Adapun wilayah yang menjadi perhatian utama adalah pusat keramaian, seperti stasiun, bandara, dan terminal, juga jalur dan wilayah tujuan mudik yang tersebar di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Smartfren memperkirakan, potensi lonjakan trafik akses internet itu mencapai kisaran 10-14 persen dibandingkan hari biasa. Hal itu sejalan dengan meningkatnya kebutuhan layanan internet di masyarakat guna mendukung berbagai kegiatan digital, seperti streaming video, musik dan film, atau menjelajah media sosial.
Selain itu, perusahaan juga meletakkan sejumlah posko mudik agar pelanggan yang berada dalam perjalanan dapat dengan mudah mengakses layanan yang diperlukan, baik itu isi pulsa, membeli kartu perdana, maupun bantuan pelanggan.
Posko mudik yang dimaksud merupakan kolaborasi Smartfren bersama Komdigi dan berada antara lain, di Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Rest Area KM 57 & 62 Tol Cipularang, Stasiun Gambir, dan Stasiun Tawang Semarang.
Selain itu, terdapat sejumlah booth layanan pelanggan di sejumlah lokasi lain, seperti Terminal Kampung Rambutan, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Bogor.
Perusahaan juga berkolaborasi dengan kepolisian setempat untuk mendirikan pos pengamanan perjalanan musik, beberapa di antaranya terletak di Bandung, Cirebon, Brebes, Tegal, Demak, Rembang, dan Pati. (Haris)