KAI Daop 3 Cirebon Beri Diskon 20 Persen untuk Disabilitas

  • Bagikan
KAI Daop 3 Cirebon Beri Diskon 20 Persen untuk Disabilitas
KAI Daop 3 Cirebon beri diskon 20 persen untuk penumpang disabilitas. (Foto: Ist.)

Citrust.id – Bersamaan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2023, KAI Daop 3 Cirebon akan memberikan potongan harga tiket untuk penumpang disabilitas.

Potongan harga tersebut berlaku pada kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi, untuk keberangkatan mulai 17 September 2023 dan seterusnya.

“Diskon tetap bagi pelanggan disabilitas ini sebagai kado KAI pada Hari Pelanggan Nasional bagi saudara-saudara kita, yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental atau sensorik, dalam jangka waktu lama,” ujar Manager Humas KAI Daop 3, Ayep Hanapi.

Untuk mendapatkan fasilitas reduksi, penyandang disabilitas wajib melakukan registrasi di customer service stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api.

Registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan, yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

Registrasi dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit/puskesmas, KTP asli, dan pas foto milik penumpang reduksi disabilitas yang akan didaftarkan.

Pendaftaran reduksi dilakukan hanya sekali saja. Penumpang selanjutnya dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui aplikasi Access atau Loket Stasiun.

“Yang harus diperhatikan penumpang disabilitas yaitu, saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta api, pemegang tiket dengan tarif reduksi disabilitas wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas,” kata Ayep Hanapi.

Jika pada saat proses boarding dan atau pemeriksaan di atas kereta api, tidak dapat menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas, maka tiket dianggap hangus dan diturunkan pada kesempatan pertama.

Untuk informasi lebih lanjut terkait diskon bagi penumpang disabilitas atau layanan KAI lainnya, masyarakat dapat menghubungi customer service KAI di stasiun. Bisa juga melalui contact center KAI di telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

BACA JUGA:  Imbas Kerang Hijau Beracun, Nelayan Ikan dan Rajungan Takut Melaut

“Pemberian tarif reduksi bagi pelanggan disabilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat penyandang disabilitas yang ingin bepergian dengan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” pungkas Ayep Hanapi. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *