oleh

21 dari 30 Remaja Positif Napza, Dinsos Cirebon Lakukan Penyuluhan

CIREBON (CT) – Sebanyak 30 remaja ikuti tes Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) bersama Dinas Sosial (Dinsos) di Desa Kebarepan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Selasa (16/12).

Kegiatan ini dalam rangka pembinaan bagi remaja yang positif pengguna Napza. Setelah mengikuti tes urin, hasilnya dari 30 remaja yang mengikuti tes ini sebanyak 21 orang positif pengguna Napza. Hanya saja, Napza ini termasuk kategori ringan, seperti mengkonsumsi minum-minuman keras dan suplemen yang diluar batas dosis yang sudah ditentukan.

Bagi mereka yang positif menggunakan Napza selanjutnya akan dibina dan diberikan pelatihan keterampilan kerja. Karena sebagian besar mereka berprofesi serabutan. Sehingga perlu adanya penanganan lebih lanjut, bila tidak ada penanganan lebih lanjut dikhawtirkan mereka akan kembali menggunakan Napza.

“Jelas disini banyak yang positif menggunakan Napza, dan ini harus kita tindak lanjuti, kalau tidak ditindak lanjuti maka mereka akan kembali menggunakan Napza,” ujar Diding Zenal Abidin Kepala Bidang Pemulihan Sosial.

Selain itu kegiatan ini juga mendapat apresiasi yang positif dari remaja yang mengikuti kegiatan ini. Seperti Karmin (27) salah satu remaja yang positif menggunakan Napza, dia merasa senang dan bisa menerima apa yang disampaikan oleh Dinas Sosial, dengan mengikuti tes ini mereka merasa lebih tahu banyak tentang bahaya Napza.

“Ya bagus lah, kalo ikut ini kan kita bisa tau bahayanya minuman keras,” katanya.

Diharapkan dengan adanya pembinaan ini, bisa merubah kebiasaan mereka yang kurang baik menjadi baik, disertai dengan adanya keinginan yang kuat untuk berubah dari diri mereka sendiri, sehingga mereka akan kembali ke masyarakat sesuai dengan fungsi sosial mereka masing-masing. (CT-107)

BACA JUGA:   Ribuan Santri Majalengka Ikuti Jalan Sehat Bersarung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed