oleh

Tahun Ini Unswagati Buka Program S3 Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Indonesia

Citrust.id – Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) akan membuka program doktor untuk prodi Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Rektor Unswagati, Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si., mengatakan, saat ini baru Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Indonesia yang memenuhi kualifikasi. Ke depan menyusul dibuka S3 Ilmu Administrasi.

“Dengan dibukanya program doktor di Unswagati, mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 tidak perlu jauh ke luar kota,” ujar Rektor, pada acara Pelepasan Lulusan Magister Pascasarjana Wisuda Periode 52 Tahun Akademik 2018/2019, Rabu (9/1/2019), di Hotel Tryas Cirebon.

Sementara, Direktur Pascasarjana Unswagati, Dr. H. Endang Sutrisno, SH, M.Hum., mengungkapkan, pembukaan jenjang S3 untuk dua prodi itu diharapkan terlaksana tahun ini. Berbagai persiapan pun sudah dipenuhi.

Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), misalnya. Saat ini, Unswagati punya 14 doktor dan satu guru besar prodi Ilmu Hukum. Sedangkan di prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Unswagati memiliki 6-8 doktor serta 2-3 profesor.

“Modal SDM itu sangat bagus untuk pengembangan prodi ke depan,” ucap Endang.

Dikatakan Endang, banyak alumni S2, terutama Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Indonesia Unswagati, yang berharap ada studi lanjutan ke jenjang S3. Dari pada ke luar kota, lebih baik mereka menempuh S3 di Cirebon.

Endang menambahkan, saat ini Cirebon makin berkembang jadi kota perdagangan dan jasa. Penduduknya terus bertambah, perputaran uangnya pun makin banyak. Cirebon punya SDM yang mumpuni. Di Cirebon juga banyak orang pandai.

“Jadi, kenapa tidak kita berbuat sesuatu yang lebih dari sekadar jenjang S2? Oleh karena itu, kami membuka S3,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed