oleh

Yoseph Umarhadi Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Indramayu

Indramayutrust.com – Ratusan warga dan aparatur pemerintahan se-Kecamatan Kandanghaur hadiri kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar anggota DPR/MPR RI Komisi V, Drs.Yoseph Umarhadi Msi.MA dari Fraksi PDI Perjuangan di Desa Wirakanan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Sabtu (04/11).

Sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dengan tema meneguhkan kembali pancasila sebagai ideologi dan dasar negara tersebut, disampaikan langsung oleh Yoseph Umarhadi kepada ratusan masyarakat.

Yoseph menyampaikan, sudah sepatutnya Ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhninneka Tunggal Ika bukan hanya dijadikan sebagai hiasan saja, namun harus dapat di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Masyarakat Indonesia sangat toleran karena memiliki kebhinekaan dan juga karakter yang hebat. Ada berbagai macam suku di Indonesia dan bersatu bersama,” jelasnya

Dikatakannya, Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama dan budaya. Yang tentunya, lanjut Yoseph, satu-satunya ideologi yang pantas dan cocok untuk kondisi bangsa Indonesia adalah ideologi pancasila.

“Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa untuk melawan segala bentuk penjajahan sebagaimana dijabarkan Bung Karno dalam pidato 1 Juni 1945, untuk itu hendaknya dijadikan modal bagi segenap elemen bangsa untuk bersatu,” tegasnya.

Menurutnya, ideologi pancasila adalah ideologi yang diakui dan dikagumi oleh bangsa-bangsa yang lain. Namun sayangnya, seringkali pada pelaksanaannya seringkali praktek penyelenggaraan bernegara tidak mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Tantangan kita sebagai bangsa hari ini adalah menjaga kedamaian dengan mengembangkan sikap toleransi. Peristiwa kekerasan bernuansa Sara yang terjadi berlakangan ini membuat kita seakan tidak hidup sebagai suatu bangsa,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Yoseph mengajak masyarakat untuk mengambil pelajaran dari nilai-nilai Pancasila, tidak hanya seremonial belaka. (Didi)

BACA JUGA:   Kapolda Jabar Kunker ke Polres Majalengka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed