oleh

Walikota-Wawali dan Ketua DPRD Dapat Uang Edisi Khusus Kemerdekaan

Citrust.id – Bank Indonesia secara resmi meluncurkan uang edisi khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8) pagi.

Uang edisi khusus tersebut memiliki nominal Rp75 ribu dengan desain motif khusus. Selain bergambar dua Proklamator Indonesia, yakni Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta, terdapat gambar warga yang memakai baju adat.

“Produksi uang edisi kemerdekaan ini terbatas, yakni untuk satu orang satu lembar. Se-Indonesia, BI hanya mencetak 75 juta lembar,” ujar Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon, Bakti Artanta.

Bakti juga menjelaskan, bahwa uang kertas edisi kemerdekaan ini bisa digunakan untuk transaksi, seperti uang pada umumnya. “Nominalnya pun tetap sama, yakni Rp75 ribu,” kata dia.

Saat ditanya apakah akan ada pencetakan kembali uang edisi kemerdekaan tahap kedua, Bakti mengaku belum ada arahan dari pemerintah pusat.

“Belum ada arahan kembali dari pemerintah pusat. Di sisi lain, kami juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak menyalahgunakan uang edisi khusus ini dengan nilai lebih,” katanya.

Dalam kesempatan itu, KPw BI Cirebon juga memberikan uang edisi khusus tersebut secara simbolis kepada Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH, Wakil Walikota, Dra Hj Eti Herawati dan Ketua DPRD, Affiati SPd. (Aming)

BACA JUGA:   Kualitas Pendidikan pada Masa Pandemi Harus Ditingkatkan

Komentar

News Feed