oleh

Tradisi Lebaran yang Masih Dijaga oleh Umat Muslim Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Detik-detik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijiriah sudah terasa. Seluruh umat Islam di seluruh dunia bergembira menyambut hari kemenangan. Pada momen berharga itu ada beberapa tradisi yang telah turun-temurun kerap dilakukan, khususnya di Indonesia dalam menyambut dan hari lebaran. Berikut beberapa tradisi yang masih dirawat hingga kini oleh masyarakat Indonesia.

1. Mudik
Tradisi mudik menjadi nomor satu di Indonesia. Banyaknya para perantau yang berasal dari luar kota untuk mencari nafkah di Ibu Kota mau pun di kota lain, membuat tradisi mudik tidak pernah terlewatkan di setiap lebaran. Umumnya libur lebaran lebih panjang dibandingkan dengan hari raya lainnya. Sehingga orang-orang memiliki banyak waktu untuk pulang kampung dan berkunjung ke rumah orangtua serta keluarga lainnya.

2. Halal Bi Halal
Halal Bi Halal adalah tradisi silaturahmi mengunjungi sanak keluarga, tetangga dan teman untuk saling bermaaf-maafan. Tradisi Halal Bi Halal hingga saat ini masih di pertahankan untuk mempererat tali silahturahmi.

3. Takbir keliling
Takbir keliling selalu dinanti anak-anak pada malam sebelum melaksanakan salat Ied. Pada malam Lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir untuk merayakan hari Raya Kemenangan setelah sebulan menjalankan puasa. Takbir keliling pun bermacam-macam baik keliling yang ditempuh dengan jalan kaki, maupun takbir keliling dengan menggunakan mobil terbuka dan iringan tabuhan bedug.

4. Uang angpao
Uang angpao salah satu tradisi yang selalu di nanti-nanti dari anak-anak kecil. Karena biasanya para orang-orang dewasa akan membagi-bagikan uang THR (Tunjangan Hari Raya) kepada keponakan-keponakannya. Sehingga tradisi ini sangat dinanti-nantikan.

5. Ziarah makam
Usai melaksanakan salat Idul Fitri, biasanya umat Islam di Indonesia berbondong-bondong berziarah ke makam leluhur dan orang tua untuk mendoakan arwah mereka agar diterima di sisi Allah SWT. (Net/CT)

Komentar

News Feed