oleh

Tips Sukses Hidup Berhasil di Perantauan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Merantau sepertinya sudah menjadi salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Tidak heran jika dalam satu kota banyak orang yang berasal dari daerah lain dibanding masyarakat asli setempat. Demi mengejar ilmu atau meniti karir, kita dipaksa atau tidak harus keluar dari kawasan kampung halaman misalnya. Namun, bukan berarti merantau selalu membawa kesuksesan. Ada 9 hal yang wajib kamu terapkan jika memang ingin sukses di kota seberang. Apa saja?

  1. Jangan tergoda untuk main-main dan buang waktu, pastikan kerja atau studi di atas segalanya
    Hidup sendiri dan jauh dari keluarga serta saudara tentu bisa jadi anugerah sekaligus bencana. Tak ada orang terdekat yang mengawasi, kita harus mampu bertanggung jawab atas diri sendiri dan bisa mengatur prioritas. Kita pun harus punya kendali atas diri sendiri. Jika ingin sukses merantau, utamakan apa yang menjadi prioritas.
  2. Karena hidup sendiri, harus pandai mengatur keuangan. Supaya hidup di kota seberang bisa berkecukupan
    Selain harus bisa mengontrol diri sendiri soal pembagian waktu, kita juga perlu menguasai ilmu dalam mengatur keuangan. Hidup jauh dari rumah berarti kita harus siap mengurus diri sendiri, terutama dalam hal finansial. Mulai dari uang untuk makan sehari-hari hingga menyisihkan demi tabungan.
  3. Pandailah bersosialisasi, ini salah satu cara jitu supaya bisa memperluas pergaulan
    Ketika memutuskan untuk merantau, pada awalnya mungkin akan kesepian karena tinggal sendiri. Namun, dengan memiliki sifat yang supel dan pandai bergaul nantinya akan memiliki banyak teman dan bisa memperluas pergaulan.
  4. Pandai memilih teman, supaya tak mudah dijerumuskan atau salah pergaulan
    Meski harus mudah bergaul supaya bisa memperluas pergaulan, namun juga harus tetap pandai memilih teman. Tempatkan orang-orang baik yang ada di sekelilingmu. Dengan begini, akan terpengaruh ke arah yang lebih baik dan selalu positif.
  5. Selalu raih kesempatan yang datang
    Nanti ketika memutuskan untuk merantau, akan ada banyak kesempatan yang menghampiri. Entah itu kesempatan yang membuat karir makin cerah ke depannya hingga kesempatan baik demi memperkaya pengetahuan. (Net/CT)
BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed