oleh

Tanaman Ini Diklaim Bisa Mengisi Daya Smartphone

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebuah perusahaan startup Eropa saat ini sedang mengembangkan sebuah alat yang dapat membiarkan Anda mengisi baterai smartphone dengan pot tanaman. Sistem, yang disebut Bioo Lite, memanfaatkan kekuatan fotosintesis dan menghasilkan listrik hanya menggunakan air, tanah, dan setiap tanaman rumah umum.

Daya output dari sistem Bioo Lite setara dengan biaya USB dari laptop atau komputer desktop. Pembuat alat ini mengatakan, bahwa Bioo Lite dapat membuat gadget Anda tahan seharian setelah melakukan pengisian daya.

Alat ini merupakan produk skala pendek dari Bioo. Sebuah perusahaan energi yang memang memanfaatkan tanah menarik energi dari proses fotosintesis. Biasanya, perusahaan ini menempatkan panel di bawah perkebunan. Tetapi saat ini mereka mengembangkan teknologi lebih kecil untuk ditempatkan ke dalam pot.

Bioo menghasilkan energi dengan mengolah mikroorganisme yang bekerja sama dengan sistem akar tanaman. Proses ini tidak mempengaruhi proses fotosintesis atau kesehatan tanaman itu sendiri.

Tim pengembang menjamin bahwa sistem Bioo Lite ini dapat mengisi ulang smartphone dua sampai tiga kali dalam sehari. Sambungan USB yang ada di pot telah dirancang agar kompatibel dengan sebagian besar perangkat mobile.

Arkyne Technologies, perusahaan di balik sistem Bioo Lite, ini akan melakukan pengiriman pertama pada bulan Desember mendatang. Harga yang ditawarkan berkisar 135 dolar AS atau sekitar Rp1,8 juta. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ini Tanggapan Bupati Majalengka Soal Kasus yang Menimpa Anaknya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed