oleh

Silaturahmi Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Perjalanan Mudik sering menjadi perjalanan yang menguras energi, pikiran, dan biaya. Bahkan risiko di luar dugaan pun bisa saja terjadi. Tetapi, pengorbanan seolah terbayar saat kita bisa bersilaturahmi dengan orangtua, keluarga besar, dan teman-teman di hari raya Idul Fitri.

Saling bersilaturahmi ternyata bukan hanya momen untuk saling meminta dan memberi maaf. Relasi sosial kita dengan keluarga dan teman juga akan kembali dikuatkan.

Tahukah Anda, memiliki ikatan sosial yang baik bisa meningkatkan kesehatan jiwa, salah satunya menyehatkan otak dan juga membuat panjang umur. Orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat cenderung hidup lama, dibandingkan dengan orang yang terisolasi.

Bergaul dan berteman terkait erat dengan sistem imun yang lebih kuat, terutama pada orang lanjut usia. Ini berarti, mereka tidak gampang sakit. Berinteraksi dengan orang lain secara positif juga meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi rasa depresi. Oleh karenanya, salah satu cara terbaik meningkatkan mood adalah berkomunikasi dengan orang-orang terdekat.

Ada banyak bukti-bukti yang menunjukkan, bersosialisasi bermanfaat positif bagi kesehatan otak. Orang yang banyak bergaul cenderung memiliki kemampuan kognitif dan daya ingat lebih baik. Dalam jangka panjang, risiko menderita demensia juga lebih rendah. (Net/CT)

BACA JUGA:   Trotoar Diperlebar, Jalan Siliwangi Bakal Makin Sempit

Komentar

News Feed