oleh

Sadkumlantas Warga Kota Cirebon Masih Rendah

CIREBON (CT) – Kesadaran masyarakat Kota Cirebon dalam sadar hukum lalulintas (Sadkumlantas) masih jauh dari target yang diharapakan pihak kepolisian dari Satlantas Polres Cirebon Kota, hal ini terlihat dari masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh warga Kota Cirebon yang terjaring dalam orpasi Zebra Lodaya 2014.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni melalui Kasat Lantas AKP Kurnia saat dikonfirmasi CT diruang kerjanya, Kamis (27/11).

“Untuk hari pertama operasi Zebra ini saja, banyak warga yang terjaring razia, untuk itu kepada pelanggar tersebut terpaksa kami lakukan penilangan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya peraturan lalulintas,” ucapnya.

Masih banyaknya masyarakat yang melakukan pelanggaran dalam berlalulintas dikatakan Kurnia, itu sebagai bentuk masih kurangnya kesadaran masyarakat kota Cirebon dalam sadar hukum lalulintas, kalau masyarakat sudah sadar hukum, maka jumlah pelanggaran dalam operasi zebra kali ini bisa dapat ditekan.

“Sasaran dalam operasi zebra kali ini adalah kendaraan umum yang tidak dilengkapi dengan surat-surat, parkir sembarangan, dan juga kendaraan roda dua yang secara kasat mata melakukan pelanggaran seperti tidak menyalakan lampu pada siang hari, tidak menggunakan helm baik yang membawa kendaraan atau yang dibonceng, serta pelanggaran-pelanggaran lainnya,” katanya.

Sebelumnya menurut Kurnia, pihaknya sudah melakukan upaya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarkat, baik melalui penyuluhan atau pun melalui spanduk-spanduk yang dipasang di beberapa titik di kota Cirebon.

“Kami masih tetap optimis, dengan pelaksanaan oprasi zebra ini, tingkat pelanggaran lalulintas di Kota Cirebon dapat menurun dari tahun sebelumnya, untuk itu peran serta semua pihak juga sangat diperlukan sekali,” ujarnya.

Ditambahkan Kurnia, dengan masyarakat mematuhi aturan lalulintas yang ada, dengan sendrinya pula, masyarakat akan dapat menghindari bahaya kecelakaan, yang sekarang ini angka kecelakaan di wilayah Kota Cirebon sudah cukup tinggi. “Awal dari kecelakaan itu kebanyakan karena pengendara tidak mematuhi peraturan yang ada, untuk itu kami tidak pernah bosan untuk terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tertib mematuhi semua peraturan lalulintas yang ada,” tambahnya. (CT-104)

BACA JUGA:   Terapkan Pembatasan Sosial, Pemda Kota Cirebon Tiadakan Salat Jumat

Komentar

News Feed