oleh

Ridwan Kamil Kampanyekan Gerakan Tanam Pohon

Citrust.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Provinsi Jawa Barat di Kebun Raya Kuningan, Sabtu (28/11).

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengatakan, Presiden RI Joko Widodo akan menyumbang 25 juta pohon untuk Gerakan Tanam Pelihara.

Ke depan, Pemprov Jabar melalui Kominfo akan membuat aplikasi untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyumbang pohon, tetapi secara fisik tidak mampu hadir untuk menanam di lapangan. Itu merupakan kombinasi digital dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sesuai Surat Edaran Gubernur Nomor 52 Tahun 2020, ia telah menginstruksikan Gerakan Tanam Pelihara 50 juta pohon. Saat ini, telah tertanam 19 juta pohon.

“Gerakan ini dilaksanakan karena banyak lahan gundul di Jawa Barat yang menyebabkan longsor,” terang Kang Emil.

Ia mengucapkan terima kasih kepada warga yang berulang tahun telah menyumbang 1 pohon, yang promosi, rotasi dan mutasi yang telah menyumbang 10 pohon serta yang menikah menyumbang 10 pohon.

“Dalam satu tahun, alhamdulillah, sudah tertanam 19 juta pohon. Kami berharap tahun depan melebihi target,” sebutnya.

Terpisah, Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengungkapkan, Kuningan sudah dikenal menjadi kabupaten konservasi. Sesuai arahan gubernur, Pemkab Kuningan terus berupaya menjaga amanat berupa hutan yang hijau agar bisa diwariskan kepada anak cucu.

“Hutan hijau bisa memberi manfaat pada masyarakat, seperti ketersediaan air, kesuburan tanah dan terhindar dari bencana alam,” ujar Acep. (Andin)

 

Komentar

News Feed