oleh

Produktivitas Baca Masyarakat Masih Rendah

Citrust.id – Minat baca masyarakat cukup tinggi, tetapi produktivitasnya rendah. Pegiat literasi hadir untuk mendorong masyarakat lebih produktif membaca.

Hal itu dikatakan Kabid PAUD Dikmas Disdikbud, Elon Carlan, saat rapat program kerja Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Kuningan, Rabu (21/4).

Elon menuturkan, produktivitas baca masyarakat rendah karena yang dibaca adalah media sosial. Oleh karena itu, keberadaan pegiat literasi untuk memaksa generasi muda tidak terlena.

“Pegiat literasi adalah pejuang menjaga marwah minat baca masyarakat, meskipun persentasenya kecil,” ujar Elon

Diakui Elon, saat ini, jumlah Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kabupaten Kuningan tidak sebanding dengan jumlah desa yang ada. Hari ini, baru ada sekitar 31 TBM. Sedangkan jumlah desa sekitar 361 desa dan 15 kelurahan.

“Saya yakin, aktivitas penggiat literasi ada, tetapi belum dilembagakan atau dibuat menjadi TBM. TBM pun harus mendukung potensi suatu desa dengan literasinya,” terangnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Ika Rachmatika, merasa beruntung dengan keberadaan pegiat literasi. Keberadaan mereka bisa membantu menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk membaca.

“Semoga, para pegiat literasi bisa terus menggaungkan literasi di tengah masyarakat. Program yang hari ini ditawarkan oleh Kabid semoga bisa menjadi acuan kita untuk melanjukan kegiatan tersebut menjadi lebih baik,” ujarnya. (Andin)

Komentar

News Feed