oleh

Persepsi Orang Indonesia terhadap Masa Pensiun

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Di Indonesia masa pensiun adalah usia 55 tahun, namun di banyak negara sudah ada yang mencapai usia 62 atau 65 tahun. Setelah pensiun, masyarakat Indonesia merasa dan berharap akan hidup selama lebih dari dua dekade (rata-rata 23,2 tahun) lagi. Bahkan ada yang beranggapan akan mampu hidup selama 30 tahun lagi setelah pensiun.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan masyarakat global dan Asia. Masyarakat global merasa akan hidup selama 21,2 tahun lagi setelah pensiun. Sedangkan masyarakat Asia merasa akan hidup 21,8 tahun lagi.

Menurut penelitian, sebanyak 24 persen masyarakat Indonesia berharap mendapatkan dana pensiun dari simpanan campuran, pensiun perusahaan (12 persen), pensiun personal (12 persen), pendapatan dari properti (11 persen) dan pendapatan dari kerabat (10 persen).

Sementara masyarakat Asia akan menghidupi dirinya setelah pensiun dari pendapatan pensiun dari simpanan lain (25 persen), dengan pensiun perusahaan (17 persen), pensiun negara (14 persen), dan pensiun pribadi (13 persen).

Sedangkan masyarakat global, menggantungkan hidupnya setelah pensiun dari pensiun perusahaan (18 persen), pensiun negara (19 persen), atau simpanan lain (21 persen), dan pensiun pribadiĀ  (13 persen). (Net/CT)

BACA JUGA:   Open Bidding Sudah 3 Besar, Siapa yang Bakal Dipilih Walikota?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed