Pemda Kota Cirebon Luncurkan Tagline “The Gate of Secret”

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong akselerasi pengembangan kota sebagai destinasi wisata budaya unggulan di Jawa Barat.

Untuk mencapainya, berbagai upaya dilakukan Pemda Kota Cirebon. Sejumlah kegiatan wisata unggulan telah dilaksanakan, antara lain Cirebon Travel Mart, Launching Cirebon Tourism on Bus (Citros) dan kegiatan Cirebon Xpose 2019.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengatakan, pariwisata merupakan sektor terpenting dalam pembangunan daerah Kota Cirebon. Selain penggerak ekonomi, pariwisata telah jadi isu strategis untuk lokomotif pembangunan daerah.

“Perkembangan pariwisata Kota Cirebon yang cepat dan pesat akan dikelola dengan perencanaan matang dan terpadu. Perencanaan yang matang dan terpadu dapat memberikan dampak positif yang maksimal,” terangnya pada pembukaan Cirebon Expose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival di depan Gedung BAT, Sabtu (2/3/2019) malam.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sultan Kasepuhan XIV PRA Arief Natadiningrat, Sekretaris Daerah Asep Dedi, Ketua DPRD Edi Suripno, dan ratusan tamu lainnya. Cirebon Xpose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival merupakan rangkaian Cirebon City Festival 2019.

Dijelaskan Eti, upaya pembangunan Pariwisata dalam memajukan masyarakat Kota Cirebon sesuai dengan akselerasi pencapaian visi dan misi Kota Cirebon 2018-2023, yakni Sehati mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah.

Pemda Kota Cirebon juga meluncurkan tagline City Branding, yaitu Cirebon The Gate of Secret. Hal itu sesuai Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor 430/K6p. -DKOKP/2O19 tentang penetapan Branding di Kota Cirebon.

“The Gate Of Secret bermakna segala sesuatu yang ada di Kota Cirebon terkait seni, budaya, adat istiadat sampai relief dan bangunan memiliki nilai filosofi yang dalam. Makna filosofinya menggambarkan arti yang mendalam perjalanan kehidupan manusia di dunia,” tandas Eti.

BACA JUGA:  Kecam Macron, Serukan Boikot Produk Prancis!

Sementara, Ketua Pelaksana sekaligua Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, mengatakan, Cirebon Expose 2019 danbCirebon Creative Fashion Carnival merupakan kegiatan akselerasi pengembangan Kota Cirebon sebagai destinasi Wisata Budaya unggulan di Jawa Barat.

“Kami memperkenalkan kesenian dan produk-produk UMKM yang dimiliki oleh Kota Cirebon kepada masyarakat,” ujar Iing.

Iing menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada Sabtu 2 Maret 2019 hingga Minggu 3 Maret 2019 di depan Gedung BAT, Jalan Pasuketan, Kota Cirebon.

Pameran menampilkan 13 Stand UMKM Kota Cirebon. Selain itu, penampilan kreasi seni berupa kesenian angklung, topeng, kuda lumping, debus, sintren, brai, tarling, tari tangan seribu,fashion show, drama musikal, palagan galuh dan branding Kota Cirebon. Puncaknya, akan tampil kreasi seni berupa barongsai, Cirebon Creative Fashion Carnival diiringi Angklung PWY dan Gardu Musik.

“Sejak Sabtu pagi, ribuan masyarakat hadir menyaksikan pameran serta berbagai kesenian. Mereka datang dari dalam dan luar Kota Cirebon. Bahkan wisatawan dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung dan Jateng juga ikut hadir,” tandasnya. /haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *