oleh

Negara-Negara yang Tertimpa Bencana Alam di Awal 2016

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Musim dan kondisi cuaca yang buruk membuat beberapa negara harus ekstra waspada dan hati-hati. Bencana dapat datang kapan pun dan di mana pun karena itu sebuah keniscayaan. Kondisi alam yang rusak dan tidak bersahabat menjadi pemicu utama terjadi bencana alam. Kerugian, kesusahan, dan penderitaan adalah risiko yang harus ditanggung oleh makhluk hidup yang tinggal di bumi. Belum memasuki pertengahan tahun, beberapa negara sudah tertimpa bencana.

Seperti gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter mengguncang Timur Laut India, dekat perbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh. Gempa terjadi pada pukul 04.35 waktu setempat pada awal Januari lalu, sekitar 33km Barat Laut Imphal, ibukota propinsi Manipur.

Negara-negara bagian Amerika yang terkena badai salju pada pertengahan Januari lalu. Sedikitnya 17 orang tewas akibat cuaca buruk, sejumlah wilayah di bagian timur AS, salju mencapai ketebalan 102cm dan sedikitnya 85 juta orang terkena dampaknya. Warga dilarang untuk keluar rumah dan menunda perjalanan yang tidak penting, transportasi dihentikan sementara dan jembatan pun ditutup setelah kota itu diterjang badai salju yang terburuk. Badai salju juga menyebabkan aliran listrik ke puluhan ribu rumah terhenti dan kemacetan lalu lintas terjadi lebih dari 12 jam di Kentucky dan Pennsylvania.

Selain itu, baru-baru ini negara Taiwan dilanda gempa bumi hingga menewaskan tiga orang.Gempa dengan kekuatan 6,4 pada skala richter telah merobohkan gedung-gedung. Di antara korban meninggal dunia ialah seorang bayi. Kantor berita resmi Taiwan menyebutkan setidaknya 23 orang mengalami cedera di dalam salah satu rumah susun. Gedung itu menampung setidaknya 200 orang di dalam 60 unit. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed