oleh

Negara-negara yang Memiliki Tradisi Perayaan Hari Ulang Tahun Unik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak momen menarik saat merayakan hari kemerdekaan sebuah bangsa. Keringat, darah, dan kerja keras para pahlawan tentu tidak bisa digantikan oleh apapun. Namun, tanpa bermaksud untuk hura-hura, agaknya setiap negara memiliki tradisi unik masing-masing untuk mengisi kemerdekaan.

Indonesia salah satunya. Tepat pada 71 tahun lalu, tanggal 17 Agustus 1945 Idonesia resmi menyandang status merdeka bebas dari penjajahan dan diakui dunia internasional.

Tradisi panjat pinang meriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Sudah tidak asing tentunya dengan festival panjat pinang yang menjadi perlombaan paling ditunggu saat perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Sulitnya memanjat pinang yang telah berlumur minyak menjadi tantangan tersendiri. Filosofi dari panjat pinang sendiri digambarkan sebagai cara bahu membahu rakyat Indonesia dahulu saat meraih kemerdekaan.

Selain Indonesia, berikut negara-negara yang memiliki tradisi unik saat memeringati hari kemerdekaannya.

1. India
India memiliki hari nasional yang berdekatan dengan Indonesia, 15 Agustus 1947. Tiga abad mereka berada di bawah jajahan bangsa Inggris. Setiap tahun, miliaran orang India memperingati hari bersejarah mereka di tiap tempat aktivitas, rumah, kantor, sekolah dengan warna bendera India. Rakyat India biasanya ramai-ramai main layangan di hari kemerdekaan mereka.

2. Ghana
Warga Ghana meriahkan hari kemerdekaan dengan menari tradisonal di pantai. Sebagai negara di Benua Afrika yang mendapat kemerdekaan pada 6 Maret 1957 dari Inggris, negara ini menjadi bangsa Afrika pertama yang meraih kemerdekaan ketimbang lainnya. Saat ini kemerdekaan bersejarah dirayakan dengan kembang api, parade, dan pawai.

3. Prancis
Setiap 14 Juli rakyat Prancis merayakan hari kemerdekaan mereka dari tirani kerajaan. Parade militer digelar di Champ-Elysees. Tradisi memperingati hari kemerdekaan dengan parade militer di berbagai negara awalanya berasal dari Prancis. Pada perayaan hari kemerdekaannya rakyat Prancis punya tradisi unik yakni markas petugas pemadam kebakaran dibuka untuk umum sehingga warga bisa mengunjungi mereka untuk menari, minum-minum, dan berpesta.
(Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed