oleh

Menghadapi Musim Hujan, Petani Kembali Bercocok Tanam

KUNINGAN (CT) – Memasuki musim hujan membuat sejumlah warga dari kalangan petani melakukan penanaman pohon di area kebun miliknya. “Musim hujan ini jelas merupakan musim tanam. Jadi, kami memanfaatkan waktu untuk bertanam jenis pohon berbagai jenis kembali. Apalagi, daerah kuningan sepanjang waktu kemarin mengalami kemarau yang berkepanjangan,” Kata Suaedi (45) warga Kecamatan Ciniru, Minggu (23/11).

Jenis tanaman yang lebih cocok dan cepat berkembang di tataran tanah kuningan, Suaedi menjelaskan, untuk berbagai jenis pohon memang semuanya baik. Namun, yang lebih penting dalam penanaman pohon itu bisa di manfaatkan hasilnya. “Karena, ini merupakan mata pencaharian dalam menghadapi musim hujan. Nah, untuk jenis pohon yang cepat tumbuh dan dimanfaatkan, seperti pohon sengon, jati kebon (jabon), albi, arbise dan jenis pohon jinjing,” kata Suaedi.

Hal serupa juga di katakan Didin. Ia menyebutkan, kalangan masyarakat perbukitan seperti di daerah kuningan ini selalu memanfaatkan lahan kosong untuk bertanam. Sebab, manfaatnya jelas sangat banyak bagi kelangsungan mahluk hidup di lingkungan. “Selain itu, hal ini juga merupakan dukungan terhadap daerah yang menjadikan kota konservasi,” ungkapnya.

Teramati, sejak tadi pagi sekira pukul 06 : 30 wib, daerah Kuningan hampir merata di guyur hujan. Kondisi itu jelas memberikan kesuburan bagi lahan yang memiliki kontur tanah yang lembab. (CT-111)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Dirikan Posko Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana

Komentar

News Feed