oleh

Menghadapi Musim Hujan, BBWSCC Siaga Jaga Bendungan Antisipasi Banjir

CIREBON (CT) – Menghadapi  musim hujan, Balai Besar Wilayah Cimanuk Cisanggarung  (BBWSCC) Cirebon, membentuk tim siaga banjir dan akan memantau debit air di sejumlah bendungan di wilayah kerja BBWSCC, yang merupakan penyebab dari bencana banjir, pada musim penghujan.

Sejumlah bendungan yang dianggap rawan terhadap dampak banjir tersebut, pihaknya akan membentuk pos jaga dan akan di pantau oleh petugas selama 24 jam. Jika bendungan sudah tidak bisa lagi menampung derasnya arus banjir, maka petugas yang ada di pos tersebut harus melakukan upaya semaksimal mungkin, agar bendungan tetap kokoh.

Menurut Kasi OP BBWSCC Ir. Kasno saat di temui ‘CT’ di Kantornya di Jalan Pemuda Kota Cirebon, Kamis (20/11) mengatakan, dalam rangka menghadapi musim hujan tahun ini , pihaknya telah membentuk tim siaga banjir dan dilakukan rutin pemantauan  ketinggian permukaan air di sejumlah bendungan sungai Cisanggarung dan Sungai Cimanuk.

Kedua sungai ini terletak di sepanjang wilayah perbatasan antara Kabupaten Cirebon-Brebes Jawa Tengah dan Sepanjang wilayah Kabupaten Majalengka-Indramayu. Kedua sungai ini merupakan penyebab banjir yang rutin di daerah pantura dari kabupaten Indramayu hingga Brebes Jawa Tengah.

“Kami akan mengirim sejumlah peralatan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir di sejumlah titik yang rawan terhadap banjir. Beberapa lokasi yang dianggap rawan ini diantaranya, yaitu bendung rentang Kabupaten Majalengka dan sebagian wilayah Indramayu, seperti bendungan  bangkir dan Cipanas, sungai pangkalan dan bendungan karet Pangkalan dan beberapa tempat lainnya,”ujar Kasno.

Lanjut Kasno,  langkah – langkah yang akan di lakukan pihak BBWSCC diantaranya yaitu, semua masing-masing  unit   melakukan pemantauan dari mulai sungai hulu hingga hilir. Kini pihaknya sudah siap siaga untuk menghadapi musim hujan yang akan datang. Pungkasnya.  (CT 105)

BACA JUGA:   Pemda Kota Cirebon Semprot Disinfektan di Gang dan Jalan Kecil

Komentar

News Feed