oleh

Mengapa Pokemon Go Begitu Sukses Mendunia?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pokemon Go memadukan video yang ditangkap kamera ponsel dengan grafik komputer dan menampilkannya di layar gadget. Teknologi yang dikenal dengan nama Augmented Reality (AR) inilah yang disinyalir menjadi kunci popularitas game tersebut. Pemain diajak berjalan-jalan sambil berburu monster imut Pokemon yang seolah benar-benar ada di dunia nyata.

Dalam studi psikologi di jurnal Computers & Education tahun 2013 disebutkan AR tidak memisahkan pengguna dari realitasnya, tapi justru menggunakan realitas itu dan mengubahnya. Efek tersebut bisa menimbulkan rasa terkejut dan penasaran di kalangan pengguna.

Berbeda dari Virtual Reality (VR), AR pun tidak memerlukan peralatan khusus seperti headset berharga mahal. Cukup bermodal smartphone yang sudah banyak dimiliki banyak pengguna gawai.

Penerapan teknologi AR, dipadu konektivitas smartphone ke jagat internet, membuat kegiatan berburu dan mengoleksi Pokemon jadi semakin mengasyikan. Keberhasilan berburu Pokemon pun bisa disebarkan lewat berbagai media sosial, seperti yang marak terjadi akhir-akhir ini. (Net/CT)

BACA JUGA:   Geber Tingkatkan Pariwisata, Pemkot Cirebon Tata Belasan Titik

Komentar

News Feed