oleh

Memiliki Miom, Apakah Masih Bisa Hamil?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Apa sih miom itu? Miom alias fibroid adalah pertumbuhan di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak.

Saat hendak merencanakan kehamilan, banyak hal yang bisa membuat perempuan khawatir. Termasuk, kenyataan bahwa ia memiliki  Apakah bisa hamil jika memiliki miom?

Perlu diketahui, 80 persen perempuan memiliki miom dalam hidupnya. Namun, ada yang kecil sekali sebesar biji apel, ada juga yang sangat besar. Ada yang hanya memiliki satu, ada juga yang memiliki beberapa miom.

Menurut pakar kesehatan, bila Anda diketahui memiliki miom, jangan dulu berkecil hati. Faktanya, sebagian besar perempuan yang memiliki miom tetap bisa hamil dan melahirkan.

Sebagian besar perempuan yang memiliki miom tak mengalami keluhan apa-apa. Kecuali miomnya besar atau di atas 5 cm, itu perlu dipantau lebih intensif.

Pasalnya, miom berukuran lebih dari 5 cm dikhawatidkan bisa mengganggu pertumbuhan rahim dan mendorong janin sehingga ia sulit berputar ke arah jalan lahir.

Di lain sisi, pemantauan pada miom juga bisa saja menunjukkan hasil yang menggembirakan. Karena, miom pun ada kemungkinan mengalami degenerasi ketika perempuan tersebut hamil.

Namun, sebaliknya, ada juga potensi miom yang letak dan ukurannya riskan berbuntut pada pendarahan yang membuat nyeri. Miom yang berada di dinding rahim juga perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan gangguan pada dinding rahim yang akan berkontraksi.

Namun sekali lagi, Yassin mengimbau para perempuan yang memiliki miom untuk tidak terlalu khawatir. Pasalnya, bila miom tak menimbulkan gejala apapun, sebaiknya ia tak perlu dilakukan penindakan medis. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed