oleh

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tanaman ini biasanya tumbuh di kebun atau sawah. Meski terkesan kecil dan tumbuh liar, tanaman ciplukan memiliki manfaat sangat banyak. Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yaitu potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian. Kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Minum air rebusannya, hingga sembuh.

Selain itu, dapat menjadi obat untuk radang tenggorokan yang kerap kali menyerang anak-anak ataupun dewasa. Cukup dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan ini untuk meredakan radang tenggrokan secara alami. Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.

Daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk meredakan radang, hingga yang menyebabkan mengurangi nyeri seperti gondongan. Gondongan adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri, kemudian secara alami dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan. (Net/CT)

BACA JUGA:   Komisi II DPRD Kota Cirebon Pertanyakan Konsep Cirebon Bersih DLH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed