oleh

Kota Cirebon akan Dapat Pasokan Air dari Waduk Jatigede 500 Liter/Detik

Citrust.id – Pemerintah Kota Cirebon berupaya untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Terbaru, Pemkot Cirebon telah menandatangani kerjasama dengan Pemprov Jabar dan Kementerian PUPR, Rabu (2/9).

Kerjasama tersebut untuk proyek pengembangan SPAM dari Kementerian PUPR dengan memanfaatkan pasokan air dari waduk Jatigede.

Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan, Kota Cirebon akan mendapatkan pasokan air dari waduk Jatigede. Tapi saat ini masih dalam tahap administrasi.

“Rencananya, air yang didistribusikan dari waduk Jatigede ini berkapasitas 500 liter/detik,” ungkapnya, di Balaikota Cirebon.

Azis mengaku, kerjasama ini tidak hanya Kota Cirebon, melainkan pemerintah daerah yang masuk dalam kawasan Cirebon Raya.

Selain itu, dengan adanya penambahan sumber air baru dari waduk Jatigede ini bisa menambah debit air bersih untuk melayani masyarakat.

“Bahkan sudah direncanakan akan kembali membangun reservoir baru berkapasitas 5.000 meter kubik di daerah Kepongpongan Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Perihal pendanaan proyek SPAM ini, pemerintah pusat masih melakukan pematangan. Ada dua skema, yaitu pendanaan bersama antara pemerintah dengan swasta atau sepenuhnya oleh swasta.

“Sehingga APBD Kota Cirebon tidak terbebani terlalu berat,” katanya. Program SPAM tersebut nantinya akan dikelola oleh PDAM Tirta Jabar dengan PDAM di kabupaten/kota. (Aming)

BACA JUGA:   Walikota Cirebon: Pasar Malam Muludan Ditiadakan!

Komentar

News Feed