oleh

Konsumsilah Gula, Garam, dan Lemak Secukupnya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kepala Seksi Penyakit diabetes Melitus -Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Robert M Saragih mengatakan, bahwa pola makan yang tidak sehat seperti kelebihan gula, garam, dan lemak bisa menimbulkan berbagai penyakit tidak menular. Namun faktanya, ketiga bahan tersebut justru banyak dijumpai dan menjadi makanan sehari-hari.

Idealnya, setiap orang per hari sebenarnya cukup konsumsi 50 gram gula (4 sendok makan), 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak, cukup 67 gram (5 sendok makan).

Diabetes bisa disebabkan karena terlalu banyak konsumsi makanan yang manis. Hal ini bisa memicu resistensi insulin. Sementara kelebihan garam bisa menimbulkan tekanan darah tinggi. Sedangkan penumpukan lemak dapat menyumbat aliran darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya jantung dan stroke.

Menurut Nutrition & Health Education Manager Nutrifood Fendy Susanto, sering kali orang tak sadar telah berlebihan konsumsi gula, garam, lemak. Meski demikian, mereka umumnya tahu mengenai risiko konsumsi makanan tidak sehat. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kejari Majalengka Tangani Kasus Korupsi CSR dan Dana Desa

Komentar

News Feed