oleh

Ketika Dimasak, Tomat dan Brokoli Justru Tambah Bergizi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sayuran dan buah segar umumnya memiliki nutrisi dan antioksidan lebih banyak. Antioksidan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari kerusakan karena pengaruh radikal bebas di dalam tubuh, mulai dari membuat kulit awet muda hingga mencegah kanker. Beberapa sayur kaya antioksidan berikut ini justru memiliki lebih banyak kandungan nutrisi saat dimasak.

Tomat bisa dimakan mentah, tapi ternyata bisa lebih kaya nutrisi saat terkena suhu panas atau dimasak. Tomat kaya vitamin C dan likopen, dan likopen dalam tomat akan bertambah tinggi ketika dimasak.

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, sebuah penelitian menemukan bahwa memasak tomat jauh lebih bermanfaat dibanding dimakan mentah. Likopen sendiri bisa menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan respon syaraf.

Brokoli juga memiliki kandungan yang sama dengan tomat. Sayur hijau ini memang lebih baik dimasak sebelum dimakan, karena selain rasanya aneh saat dimakan mentah, ternyata kandungan nutrisinya juga lebih banyak. Brokoli dikenal sebagai sayur detoks yang melunturkan racun dalam tubuh. (Net/CT)

BACA JUGA:   Hengkang dari PDIP, Nasdem Berlabuh ke PPP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed