oleh

KemenPUPR Tinjau Jalan Rusak Janji Diperbaiki Selesai Dua Minggu

Indramayutrust.com – Sering terjadinya sering kecelakaan lalulintas akibat kerusakan jalan pantura yang berlubang, kini mendapat respon langsung dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono yang mengecek langsung, Rabu (15/02).

Perbaikan jalan pantura tersebut, rencananya ditargetkan selesai dua minggu ke depan dan jika kondisi cuaca tidak terjadi hujan. Karena, katanya akan mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan, juga berdampak terhadap jalan yang sudah diperbaiki.

Menurut Basuki, perbaikan yang saat ini dilakukan hanya bersifat transisi, yakni melakukan penambalan terhadap jalan yang berlubang, untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Sementara untuk perbaikan secara permanen, kita menunggu hasil lelang dulu. Karena saat ini lelang masih dalam proses. Jadi kita lakukan penambalan saja dulu. Mudah mudahan, dalam dua minggu kedepan semua lubang jalan bisa kita tambal,” ungkapnya.

Menurutnya, akibat kondisi jalan rusak tersebut hingga berdampak pada kecelakaan lalu lintas.

Namun, lanjut Basuki, kecelakaan juga tidak terlepas dari perilaku pengendara. Pihaknya pun melakukan upaya perbaikan, meski sifatnya transisi.

“Kami berupaya mengembalikan ke fungsi awal dan berharap perbaikannya bisa cepat selesai,” imbuhnya.

Dikatakannya, untuk perbaikan permanen nantinya, dibeberapa titik wilayah akan dilakukan dengan sistem rijit atau dicor, salah satunya jalur pantura Patrol dan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.
Kementerian PUPR, kata Basuki, tahun ini menganggarkan sebesar Rp 280 milyar untuk perbaikan jalan pantura dari mulai Karawang hingga Losari.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen Perbaikan Jalan Nasional (PPK PJN) wilayah kerja Pamanukan-Palimanan, Hendriastomo F, mengungkapkan, perbaikan jalan bersifat sementara kini tengah dikerjakan di wilayah Kabupaten Indramayu, di beberapa ruas jalan, jalan berlubang sudah ditambal.

“Beberapa hari sebelumnya, kita mengerjakan ruas jalan di Tegalgubug, Kabupaten Cirebon. Sekarang mengerjakan di wilayah Indramayu, salah satunya Patrol hingga Kandanghaur. Kita upayakan secepatnya bisa tergarap sesuai instruksi Pak Menteri Basuki Hadimulyono,” pungkasnya. (Didi)

BACA JUGA:   Bupati Majalengka Mutasi Ratusan Pejabat di Tengah Pandemi Covid-19

Komentar

News Feed